Strategi Layanan Distribusi dengan Pendekatan Physical Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT pada Pelanggan PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i6.158Keywords:
Kualitas Layanan Distribusi Fisik, Kepuasan Pelanggan, SWOT, Strategi PemasaranAbstract
PT. XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan distirbusi. PT. XYZ merupakan distributor solar industri. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah adanya keluhan mengenai keterlambatan pendistribusian serta belum maksimalnya strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi digunakanlah metode Physi-cal Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT. Metode PDSQ digunakan untuk mengukur tingkatan kepuasan pelanggan sedangka SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Hasil pengolahan data didapatkan nilai Indeks Kepuasan Pelanggan sebesar 1,02 menyatakan bahwa pelanggan sangat puas akan pelayanan distribusi yang diberikan oleh perusahaan. Dari hasil analisa SWOT didapatkan strategi ST (Strength dan Threats) yang berisikan mempertahankan harga, mengambil keuntungan yang kecil saat harga minyak tinggi, memperluas jaringan perusahaan,dan lebih sering melakukan kunjungan kepada pelanggan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mochammad Zakie Rachmadiansyah, Didi Samanhudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.