Strategi Layanan Distribusi dengan Pendekatan Physical Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT pada Pelanggan PT XYZ

Authors

  • Mochammad Zakie Rachmadiansyah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Didi Samanhudi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i6.158

Keywords:

Kualitas Layanan Distribusi Fisik, Kepuasan Pelanggan, SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan distirbusi. PT. XYZ merupakan distributor solar industri. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah adanya keluhan mengenai keterlambatan pendistribusian serta belum maksimalnya strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi digunakanlah metode Physi-cal Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT. Metode PDSQ digunakan untuk mengukur tingkatan kepuasan pelanggan sedangka SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Hasil pengolahan data didapatkan nilai Indeks Kepuasan Pelanggan sebesar 1,02 menyatakan bahwa pelanggan sangat puas akan pelayanan distribusi yang diberikan oleh perusahaan. Dari hasil analisa SWOT didapatkan strategi ST (Strength dan Threats) yang berisikan mempertahankan harga, mengambil keuntungan yang kecil saat harga minyak tinggi, memperluas jaringan perusahaan,dan lebih sering melakukan kunjungan kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Mochammad Zakie Rachmadiansyah, & Didi Samanhudi. (2020). Strategi Layanan Distribusi dengan Pendekatan Physical Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT pada Pelanggan PT XYZ . JUMINTEN, 1(6), 85–96. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i6.158