Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor di PT PLN UP3 Surabaya Selatan

Authors

  • Muhammad Raka Adi Pratama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sumiati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i5.320

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Analisis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pelangggan menggunakan metode analisis faktor serta menggunakan software SPSS di PT. PLN UP3 Surabaya Selatan. Dengan terpuaskannya kebutuhan para pelanggan, maka hal tersebut memiliki dampak yang positif bagi perusahaan. Apabila konsumen merasa puas akan suatu produk tentunya konsumen tersebut akan selalu menggunakan produk tersebut secara terus menerus. Dari output penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut yaitu dari 11 variabel hasil reduksi didapat dua faktor. Dari gambar diatas menunjukkan bahwa pada komponen 1 nilai korelasi 0,735 > 0,5; komponen 2 nilai korelasi 0,735 > 0,5. Karena tidak terdapat komponen dibawah 0,5 maka faktor yang terbentuk sudah dikatakan tepat dalam merangkum 11 variabel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan bagi perusahaan agar dapat terus membuat para pelanggan puas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Muhammad Raka Adi Pratama, & Sumiati. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor di PT PLN UP3 Surabaya Selatan. JUMINTEN, 2(5), 145–156. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i5.320