Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual dan Merancang Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT pada Restoran XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i5.188Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Metode Service Quality, Metode SWOT, Strategi PemasaranAbstract
Restoran XYZ menawarkan berbagai sajian menu yang menjadi pelopor dari restoran dan produk sejenis di Kota Surabaya sejak tahun 2017. Permasalahan yang dihadapi saat ini dirasa minat beli di Restoran XYZ menurun 27%, beberapa indikasi di rasa menjadi faktor menurunnya minat beli. Berdasarkan permasalahan service quality (servqual) dan SWOT adalah metode yang digunakan. Metode servqual digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan sedangkan SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan di terapkan perusahaan. Hasil yang di dapat dengan metode servqual, adanya kesenjagan presepsi dan harpan terhadap lima dimensi kepuasan pelanggan serta lima atribut yang ditunjukan oleh nilai atribut negatif yang dapat menibulkan permasalahan. Sesuai perhitungan kepuasan pelanggan didapat nilai kesenjangan yang positif. Dari nilai tersebut dapat di ketahui bahwa kepuasan yang dirasakan oleh konsumen restoran xyz adalah cukup baik. Dari hasil analisa SWOT didapatkan strategi ST (Strength dan Threats) yang berisikan menghasilkan strategi meningkatkan promosi, pembacaan tren atau fenomena, Memperluas jaringan dengan membuka cabang atau pop up store memaksimalkan penjualan online, mempertahankan cita rasa khas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Andika Bayu Nugroho, Didi Samanhudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.