Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Pembelajaran Berbasis Online pada Program Studi Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur

Authors

  • Afiady Fitsal Ubaidillah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dwi Sukma Donoriyanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Tranggono Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.215

Keywords:

Sistem pembelajaran, Kualitas pelayanan, Servqual, Kano, Matriks IPA

Abstract

Sistem pembelajaran yang terjadi di beberapa kampus umumnya masih menggunakan metode tradisional. Salah satu program studi teknik industri di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengalami tingkat kualitas pelayanan yang menurun terhadap penggunaan metode pembelajaran berbasis online.di tengah maraknya sistem pembelajaran online. Dari segi kualitas belum pernah dilakukan analisa mengenai kepuasan mahasiswa dan dosen akan sistem pembelajaran berbasis online ini. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganilisa kualitas pelayanan sistem pembelajaran berbasis online yang telah diberikan. Sehingga didapatkan saran perbaikan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Servqual dan Kano kemudian dianalisa dalam bentuk matriks IPA dan tabel Kano. Hasil penelitian yang didapati berupa gap antara harapan dan kepuasan mahasiswa dan dosen akan sistem pembelajaran yang berlakus serta hal hal yang dipri-oritaskan untuk perbaikan berupa pengenalan lebih lanjut baik mahasiswa dan dosen untuk sistem pembelajaran online dan penambahan fitur fitur baru untuk sinkronisasi saat pembelajaran ber-langsung sehingga apabila diterapkan maka akan tercipta upaya peningkatan kualitas pelayanan sistem pembelajaran berbasis onlene untuk program studi teknik industri UPN Veteran Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Afiady Fitsal Ubaidillah, Dwi Sukma Donoriyanto, & Tranggono. (2021). Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Pembelajaran Berbasis Online pada Program Studi Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur. JUMINTEN, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.215