Perancangan Produk Meja Belajar Tulis Untuk Siswa Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Authors

  • Fathur Rizki Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Akmal Suryadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.204

Keywords:

Antropometri, QFD, Meja Belajar

Abstract

Di zaman yang serba modern ini, semakin banyak inovasi-inovasi baru yang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menjalani rutinitas sehari- harinya. Belakangan ini trend untuk furniture mengarah ke model minimalis dan efisien, hal ini juga dapat didukung dengan perkembangan di tanah air dengan bentuk produk yang minimalis dan efisien. Perancangan meja belajar ini akan dirancang memiliki fungsi belajar, menulis, dan membaca. Meja belajar ini juga dirancang bisa di lipat untuk mempermudahkan menaruh atau menyimpan disaat kita sudah memakainya, sehingga dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan meja belajar secara ergonomis. Perancangan meja belajar ini akan dirancang memiliki fungsi belajar, menulis, dan membaca. Dengan hasil perhitungan antropometri didapatkan hasil ukuran meja belajar dari antopometri tubuh konsumen dengan ukuran lebar meja belajar = 60 cm, panjang meja belajar = 40 cm, tinggi meja belajar = 70 cm, tinggi tempat duduk = 41 cm, lebar kursi = 26 cm. Dengan hasil total atribut kuisioner sangat tidak sesuai 0,22%, tidak sesuai 0,7%, cukup sesuai 5,38%, sesuai3,92%, sangat sesuai1,78%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Fathur Rizki, & Akmal Suryadi. (2021). Perancangan Produk Meja Belajar Tulis Untuk Siswa Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) . JUMINTEN, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.204