Analisa Line Balancing Menggunakan Metode Moodie Young dan Ranked Positional Weight di CV. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.140Keywords:
Efficiency, Line Balancing, Moodie Young, Ranked Positional WeighAbstract
CV. XYZ adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi sarana prasarana lalu lintas seperti RPPJ, PJU, rambu-rambu, dan trafic light. Masalah yang timbul pada perus-ahaan ini adalah kurang efisiennya lini produksi tiang Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ), yang ditandai dengan munculnya waktu delay yang menyebabkan bottleneck pada sejumlah stasiun kerja. Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya pembagian beban kerja pada setiap stasiun. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi lini produksi dengan pen-dekatan keseimbangan lintasan. Keseimbangan lintasan mampu meningkatkan efisiensi dengan pemerataan beban kerja disetiap stasiun. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasa-lahan yaitu Moodie Young dan Ranked Positional Weight. Kedua metode ini memiliki karakteristik yang serupa dalam menyelesaikan permasalahan keseimbangan lintasan, yaitu dengan penggunaan matriks hubungan antar elemen kerja. Hasil perbandingan metode akan dipilih ber-dasarkan tingkat efisiensi dan smoothes index terbaik sebagai solusi dari permasalahan keseim-bangan lintasan. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode Moodie Young sebagai so-lusi optimal, karena memiliki line efficiency sebesar 85,06%, balance delay sebesar 14,94%, dan smoothes index sebesar 47,51, dengan jumlah stasiun kerja sebanyak 9 stasiun kerja.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dhimas Putra Setyawan, Farida Pulansari, Kinanti Resmi Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.