Analisis Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT dan BCG di PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.135Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, Boston Consulting GroupAbstract
Analisis strategi pemasaran sangatlah penting untuk setiap perusahaan agar dapat bersaing dengan competitor-competitor yang ada. PT. XYZ adalah perusahaan furniture yang memproduksi berbagai jenis perabotan berbahan dasar kayu. Kayu yang sering digunakan ada-lah kayu Medium Density Fibreboard (MDF) untuk membuat meja dan lemari. Permasalahan yang dihadapi perus-ahaan adalah mempunyai beberapa produk yang dalam 3 tahun terakhir ini mengalami stagnan penjualan atau bisa dikatakan tidak ada perubahan/peningkatan penjualan, yaitu kitchen set dan meja TV. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi pemasa-ran dengan menggunakan metode Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) dan Bos-ton Consulting Group (BCG) di PT. XYZ. SWOT adalah alat untuk menganalisis suatu kekuatan dan kelemahan perusahaan serta pelu-ang dan ancaman dari faktor eksternal. Boston Conslting Group merupakan alat untuk posisi pe-rusahaan dengan mempertimbangkan nilai pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan pasar. Hasil perhitungan didapatkan untuk metode SWOT produk meja TV dan kitchen set dari PT. XYZ berada di kuadran I, maka posisi ini membuktikan bahwa produk tersebut sudah mantap untuk dipasarkan. Sedangkan untuk BCG, kedua produk tersebut berada di kuadran anjing (dog) dimana pada kondisi perusahaan menghadapi pangsa pasar rendah dan kondisi pertumbuhan pasar yang rendah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tiara Nindya Laksana, Minto Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.