Analisis Pengaruh Jenis Pemberian Voucher Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Food di Kota Surabaya Menggunakan Regresi Linier Berganda

Authors

  • Muhammad Fuad Nasrullah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Enny Ariyani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.334

Keywords:

Voucher Pelanggan, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda

Abstract

Shopee adalah salah satu Ecommerce di Indonesia yang perkembangannya bisa dikatakan cukup pesat karena itu Shopee terus berinovasi untuk dapat memberikan kepuasan terhadap para penggunanya. Salah satu fitur layanan terbaru yang diluncurkan oleh Shopee adalah Shopee Food. Berdasarkan ura-ian tingkat penggunaan aplikasi Shopee yang ada di Surabaya serta tingginya aktivitas belanja online yang dilakukan warga Surabaya, peneliti ingin mengetahui tingkat keputusan masyarakat terutama da-lam memesan makanan menggunakan shopee Food di Surabaya. dengan indikator yang digunakan ada-lah jenis pemberian voucher pelanggan sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda, untuk menentukan pengaruh kreativitas iklan yang telah shopee terapkan ter-hadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee dan mengetahui strategi paling efektif yang telah dijalankan. Dari hasil penelitian didapatkan model pengaruh jenis pemberian voucher pelanggan se-bagai berikut Y= 0,705 + 0,127X1 + 0,228X2 + 0,015X3 + 0,266X4 + 0,284X5. Yang artinya pengaruh X5 sebesar 28,4% memiliki pengaruh paling besar kemudian X4 sebesar 26,6% dilanjutkan dengan X2 sebesar 22,8%, lalu X1 memiliki pengaruh sebesar 12,7%, dan terakhir X3 sebesar 1,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Muhammad Fuad Nasrullah, & Enny Ariyani. (2021). Analisis Pengaruh Jenis Pemberian Voucher Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Food di Kota Surabaya Menggunakan Regresi Linier Berganda. JUMINTEN, 2(6), 156–167. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.334