Analisis Strategi Promosi Produk Kopi Tarik Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Divisi Promosi dengan Metode SWOT dan BCG di PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.131Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, Boston Consulting GroupAbstract
PT. XYZ merupakan grup perusahaan multinasional yang bergerak bidang minuman (kuliner). Produk minuman yang diproduksi oleh perusahan ini adalah beragam jenis olahan Kopi. Permasa-lahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah pada jenis produk Kopi Tarik pada bulan Oktober 2019 hingga Desember 2019 mengalami stagnan penjualan atau dapat dikatakan tidak ada peningkatan penjualan sehingga dibutuhkan strategi promosi untuk menghadapi persaingan bisnis terutama pada bisnis kopi. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan metode SWOT dan BCG (Boston Consulting Group). Untuk metode SWOT, nantinya dapat menghasilkan strategi yang terbaik dengan mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal pada produk kopi tarik. Selanjut-nya, pada metode BCG (Boston Consulting Group) diharapakan dapat mengetahui posisi perus-ahaan dengan mempertimbangkan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Dari perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan hasil grafik SWOT menempati kuadran 1 yang mengartikan bahwa posisi ini membuktikan dengan rekomendasi taktik “progresif”sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang. Untuk metode BCG didapatkan hasil bahwa posisi perusahaan berada di kuadran tanda tanya (question mark) dimana pada kondisi perusahaan menghadapi pangsa pasar rendah sedangkan kondisi pertumbuhan tinggi. Maka, perusahaan dapat mengambil langkah prioritas dengan pembelajaran dan pertumbuhan peningkatan promosi, meningkatkan kualitas, meningkat-kan varian produk kopi tarik, dan memberikan pelayanan lebih kepada konsumen
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Samsudin, Minto Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.