Analisa Positioning Lipstik Merek W, R, MA, ME dan LA berdasarkan Persepsi Konsumen dengan Metode Multidimensional Scalling
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.69Keywords:
Multidimensional Scaling (MDS), Strategi Pemasaran, Positioning, Persepsi, Prceptual MapAbstract
Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Bentangan bisnis saat ini, tidak lepas dari persaingan yang menuntut perusahaan untuk terus berinovasi agar dapat mempertahankan eksistensinya. Salah satunya yaitu persaingan dalam industri kosmetik saat ini. Lipstik menjadi salah satu peralatan kosmetik yang selalu identik dengan dunia wanita. Dengan adanya persaingan merek lipstik, positioning produk dianggap penting untuk mengetahui seperti apa preferensi yang mempengaruhi konsumen dalam memilih lipstik dan evaluasi bagi produsen lipstik untuk menentukan strategi yang akan dilakukan ke depannya, khususnya bagi produsen yang ingin menyasar target pasar yang lebih spesifik. Objek yang diteliti yaitu lipstik dengan merek W, R, MA, ME, dan La Tullipe. Data penelitian ini diperoleh dengan cara penyebaran kuisoner dengan jumlah sampel 73 responden. Data diolah dengan menggunakan software SPSS 23 dan dianalisis dengan menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa W dan MA menjadi market leader, kemudian ME, R, dan La Tullipe sebagai market challenger. W dan MA sebagai pemimpin pasar harus terus meningkatkan kualitas dari atribut yang menjadi keunggulan agar tetap bisa menjadi pemimpin pasar dan terus memperluas pangsa pasar, sedangkan ME, R, dan LAharus lebih diperbaiki dan ditingkatkan kualitas produknya dan mempertahankan apa yang menjadi keuggulan dari produk ini, sehingga dapat bersaing dengan pemimpin pasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dimas Anugerah Pratama, Didi Samanhudi, Akmal Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.