Analisis Hubungan Faktor-Faktor Electronic Word of Mouth dalam Proses Keputusan Pembelian Mitsubishi Xpander

Authors

  • Ulin Nuha Aditya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Minto Waluyo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.52

Keywords:

Structural Equation Modelling, Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Brand Trust, Purchase Itention, Purchase Decision

Abstract

Penggunaan internet telah mengubah cara konsumen berkomunikasi dan berbagi pendapat atau ulasan mengenai produk atau jasa yang pernah dikonsumsi. Dalam hal ini, komunikasi elektronik dari mulut ke mulut digunakan untuk berbagi pendapat atau ulasan mengenai produk atau jasa. Komunikasi ini digunakan untuk saran pemasaran melalui media sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh signifikansi eWOM dengan variabel brand image (citra merek), brand trust (kepercayaan merek), purchase intention (minat beli) terhadap purchase decision (keputusan pembelian) terhadap mobil Mitsubishi Xpander. Metode penelitian
menggunakan sampel sebanyak 160. Metode analisis menggunakan tools Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS 22. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM terhadap brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan (r = 1.206). eWOM terhadap brand trust memiliki pengaruh positif dan signifikan (r = 1.214). eWOM terhadap purchase intention memiliki pengaruh positif dan signifikan (r = 1.517). Purchase intention terhadap purchase decision memiliki pengaruh positif dan signifikan (r = 0.976).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Ulin Nuha Aditya, & Minto Waluyo. (2020). Analisis Hubungan Faktor-Faktor Electronic Word of Mouth dalam Proses Keputusan Pembelian Mitsubishi Xpander. JUMINTEN, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.52