Analisis ISO 9001:2015 Manajemen Mutu pada UMKM Ayam Geprek XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.352Keywords:
Manajemen Mutu, ISO 9001, UMKM, Kualitas, PelayananAbstract
Dalam ISO 9001 manajemen mutu memiliki beberapa standard dan kualitas yang harus dapat dipenuhi untuk menjaga kualitas lembaganya, sehingga diupayakan suatu kemampuan untuk men-gidentifikasi dan menjalankan pekerjaan yang berhubungan dan berinteraksi dengan baik. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui apakah terjadi penyimpangan yang tidak diperlukan sehingga menghambat kinerja dari suatu usaha. Ketika suatu usaha berupaya untuk menerapkan sistem ma-najemen mutu ISO 9001:2015, maka usaha tersebut harus menetapkan mutu usaha sesuai persyara-tan standar sebagai dasar pelaksanaan dan peningkatan mutu yang berkelanjutan. UMKM ayam geprek xyz ini merupakan suatu usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2013 dan memiliki citra yang baik dikalangan masyarakat dengan produk unggulannya berupa Ayam Geprek. Dalam peningkatannya UMKM ini membutuhkan beberapa dokumen terkait Sistem Manajemen Mutu (SMM) demi menjaga kualitas produk dan layanannya. Maka untuk megnatasi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan bantuan tools fishbone diagram dengan standart ISO 9001:2015. Setelah dilakukan analisis menggunakan fishbone diagram didapatkan faktor yang mempengaruhi bahan baku ialah mengenai pemilihan standar bahan baku yang belum ditetapkan, sedangkan untuk proses produksi ialah belum ditetapkannya SOP yang jelas dalam pembuatan produk, dan untuk costumer focus ialah fasilitas yang kurang mencukupi serta kurangnya pos pelayanan sehingga menyebabkan antrian yang membeludak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ridwanda D. Chair, Mohammad A. Pradaka, Zinedine A. Sasmito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.