Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Guna Peningkatan dan Pengembangan dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus: Rumah Makan Depot Ira Jaya di Sidoarjo)

Authors

  • Kevin Bagus Priyambodo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Didi Samanhudi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.221

Keywords:

EFE, IFE, IEFE, Tabel SWOT, Grand Strategy

Abstract

Rumah Makan Depot Ira Jaya merupakan unit usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Usaha ini kurang lebih sudah berdiri dalam kurun waktu 10 tahun, dimulai dari satu tempat kecil hingga memiliki banyak cabang yang mampu melayani konsumen di sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, Rumah Makan Depot Ira Jaya memiliki banyak pesaing yang muncul. Faktor pesaing ini akan mengakibatkan kurangnya minat masyarakat dengan produk yang ditawarkan dan lebih tertarik dengan produk lain, bahkan ada faktor lain pula yang ikut turut ambil bagian seperti cara memasarkan produk, kurangnya fasilitas, hingga menu yang tidak berubah. Oleh karena itu, usaha yang bergerak dibidang kuliner harus menemukan cara untuk dapat mengatasi hal tersebut karena biaya yang terus naik untuk sewa tempat, bahan baku, dan masih banyak lagi. Maka dilakukan penelitian dengan metode analisis SWOT, yang diharapkan mampu untuk mengatasi segala macam masalah yang timbul di Depot Rumah Makan Ira Jaya. Dalam melakukan metode analisis SWOT ada langkah-langkah yang harus dilewati agar dapat menenumukan tujuan akhir yaitu penentuan alternatif strategi. Melakukan perhitungan dari sektor internal faktor evluasi (IFE) yang menghasilkan nilai sebesar 3.889 serta eksternal faktor evaluasi yang menghasilkan nilai sebesar 3.934. Selanjutnya perencanaan tabel SWOT yang menghasilkan 15 macam alternatif strategi. Penentuan strategi yang ada pada tabel SWOT didasarkan pada perhitungan matriks grand strategi dan matriks internal eksternal faktor evaluasi, yang mana kedua matriks tersebut berada pada kuadran I. Kuadran I pada tabel SWOT memiliki 4 alternatif strategi yang berada pada strength dan opportunity, sehingga Rumah Makan Depot Ira jaya mampu mengaplikasikan alternatif strategi tersebut untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Kevin Bagus Priyambodo, & Didi Samanhudi. (2021). Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Guna Peningkatan dan Pengembangan dengan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus: Rumah Makan Depot Ira Jaya di Sidoarjo) . JUMINTEN, 2(1), 108–119. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.221