Perencanaan Interval Perawatan Mesin HD 102 dengan Metode Realibility Centered Maintenance (RCM ) II di PT. XYZ

Authors

  • Rizky Hari Sandi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Iriani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i1.19

Keywords:

Failure Mode Effects And Analysis (FMEA), Maintenance interval, Reliability Centered Maintenance (RCM) II, Perencanaan Interval Perawatan

Abstract

PT. XYZ merupakan bagian dari Jawa Pos Group yang bergerak di bidang jasa percetakan dan packaging . Saat ini PT. XYZ memproduksi packaging seperti packaging kebab, packaging deka choconut , packaging coco roll dan packaging better merupakan hasil dari mesin HD 102. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah adanya Breakdown mesin dan belum adanya interval waktu perawatan mesin sehingga hal tersebut menyebabkan adanya kegiatan corrective maintenance yang dapat menimbulkan downtime, berhentinya proses produksi dan biaya untuk perbaikan yang tinggi.Metode penelitian yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance II dengan memadukan analisis kualitatif yang meliputi FMEA ( Failure Mode and Effect Analyze ). Dari hasil analisis interval perawatan mesin di PT. XYZ maka dapat diketahui bahwa interval perawatan mesin HD 102 di PT. XYZ pada bulan Januari 2018 sampai Desember 2018 diperoleh untuk interval waktu perawatan yang tepat Unit 2 selama 820,22 jam, Unit 4 selama 208,66 jam, Coating selama 117,66 jam, Console and Panel selama 254,17 jam, Delivery selama 188,41 jam ,dan Chiller & Dampening selama 76,17 jam..

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Rizky Hari Sandi, & Iriani. (2020). Perencanaan Interval Perawatan Mesin HD 102 dengan Metode Realibility Centered Maintenance (RCM ) II di PT. XYZ . JUMINTEN, 1(1), 96–103. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i1.19