Perencanaan Interval Perawatan Mesin HD 102 dengan Metode Realibility Centered Maintenance (RCM ) II di PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i1.19Keywords:
Failure Mode Effects And Analysis (FMEA), Maintenance interval, Reliability Centered Maintenance (RCM) II, Perencanaan Interval PerawatanAbstract
PT. XYZ merupakan bagian dari Jawa Pos Group yang bergerak di bidang jasa percetakan dan packaging . Saat ini PT. XYZ memproduksi packaging seperti packaging kebab, packaging deka choconut , packaging coco roll dan packaging better merupakan hasil dari mesin HD 102. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah adanya Breakdown mesin dan belum adanya interval waktu perawatan mesin sehingga hal tersebut menyebabkan adanya kegiatan corrective maintenance yang dapat menimbulkan downtime, berhentinya proses produksi dan biaya untuk perbaikan yang tinggi.Metode penelitian yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance II dengan memadukan analisis kualitatif yang meliputi FMEA ( Failure Mode and Effect Analyze ). Dari hasil analisis interval perawatan mesin di PT. XYZ maka dapat diketahui bahwa interval perawatan mesin HD 102 di PT. XYZ pada bulan Januari 2018 sampai Desember 2018 diperoleh untuk interval waktu perawatan yang tepat Unit 2 selama 820,22 jam, Unit 4 selama 208,66 jam, Coating selama 117,66 jam, Console and Panel selama 254,17 jam, Delivery selama 188,41 jam ,dan Chiller & Dampening selama 76,17 jam..
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rizky Hari Sandi, Iriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.