Perencanaan Rute Distribusi yang Optimal Untuk Meminumkan Biaya Distribusi dengan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus di CV. Menara Kudus)

Authors

  • Zamroni Makruf Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rusindiyanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.68

Keywords:

Rute, Distribusi, Algoritma Genetika, Biaya Distribusi

Abstract

Perkembangan dunia dewasa ini ditandai dengan arus globalisasi disegala bidang, sehingga membawa dampak perekonomian yang cukup pesat di Indonesia. Tingkat perkembangan ekonomi dunia ini ditandai dengan arus mobilitas penduduk yang semakin pesatnya persaingan bisnis. Salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia yang tak kalah penting adalah kebutuhan akan jasa pengiriman barang. CV. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan buku-buku islam, kitab kuning, kitab gundul, dan Al-Qur’an. Dalam upaya pemenuhan sasaran, masih terdapat permasalahan adanya keterlambatan pengiriman produk ke beberapa konsumen. Karena kurang mempertimbangkan rute distribusi yang tepat. Dalam menyelesaikan permasalahan, menggunakan pendekatan Algoritma Genetika untuk mendapatkan solusi optimal. Tujuan penelitian ini adalah dapat menentukan jalur distribusi barang yang minimal, yang nantinya berdampak pada penurunan jalur distribusi barang dan biaya distribusi barang yang dikeluarkan perusahaan sehingga perusahaan dapat menghemat jalur distribusi dan biaya distribusi barang. Hasil penelitian ini adalah didapatkan rute perusahaan dengan jarak rute total sebesar 1.271 km dengan biaya distribusi sebesar Rp 2.960.000. Sedangkan untuk rute metode Algoritma Genetika, yaitu jarak rute total sebesar 1.092,4 km dengan biaya distribusi sebesar Rp 2.635.686. Sehingga, rute optimal distribusi metode Algoritma Genetika lebih baik dari rute awal perusahaan dengan penghematan jarak rute total sebanyak 178,6 km dengan persentase penghematan sebesar 14,05%. Sedangkan untuk penghematan biaya distribusi antara rute metode perusahaan dengan rute total algoritma genetika dengan selisih sebesar Rp 324.314 dengan persentase penghematan sebesar 11%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Zamroni Makruf, & Rusindiyanto. (2020). Perencanaan Rute Distribusi yang Optimal Untuk Meminumkan Biaya Distribusi dengan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus di CV. Menara Kudus). JUMINTEN, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.68