Penggukuran Kinerja Rantai Pasok Berbasis Lean dan Green dengan Perspektif Balance Scorecard di PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i1.17Keywords:
Rantai Pasok, Key Performence Indicator, Balance ScorecardAbstract
PT. XYZ merupakan salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia. PT. XYZ memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenali luas, seperti sampoerna kretek, serta “Raja kretek” yang legendaris Dji Sam Soe. Belum ada tindakan yang mengevaluasi kinerja rantai pasok selama ini maka akan dilaksanakan pengukuran kinerja rantai pasok. Konsep Lean dan Green pada sistem rantai pasok kompetitif bagi PT. XYZ guna menciptakan strategi rantai pasok yang efektif dan efisien dari segi biaya dan dampak lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT XYZ. Penelitian menghasilkan Key Performance Indicator (KPI) yang diperoleh dari integrasi konsep Lean and Green pada aktivitas kinerja rantai pasok dengan perspektif Balance Scorecard. Penentuan prioritas KPI secara keseluruhan dilakukan dengan mengurutkan KPI mulai yang memiliki bobot yang paling tinggi hingga KPI bobot paling terendah. KPI yang memiliki prioritas tertinggi itu artinya KPI ini merupakan KPI yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja rantai pasok perusahaan. Pada penelitian ini, perspektif Customer merupakan prioritas yang paling membuktikan dari 3 KPI tertinggi bobotnya pada model penilaian kinerja rantai pasok yang dirancang. Yaitu, Key Performance Indicator (KPI) Market Share dengan bobot (0,161), Key Performance indicator (KPI) Tingakat Kepuasan Pelanggan dengan bobot (0,112), Dan yang terakhir Key Performance Indicator (KPI) Jumlah Pelanggan dengan bobot (0,081).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rianda Cakasana, Sunardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.