Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Human Resource Scorecard (HRSC) di CV. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i1.70Keywords:
Human Resource Scorecard, Analytical Hierarchy Process, Sumber Daya ManusiaAbstract
Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan sangat menentukan performa atau kinerja perusahaan dalam menjalankan usahanya. CV. XYZ adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa yang menyuplai segala jenis kebutuhan industri khususnya bidang manufaktur. Selama ini, perusahaan belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang mendukung peran SDM terhadap strategi perusahaan. Selain itu, salah satu persoalan yang kerap kali dialami perusahaan adalah seringnya terjadi keterlambatan dalam merespon permintaan pelanggan yang mengakibatkan pengiriman mengalami delay atau tertunda. Hal ini disinyalir terjadi lantaran masih banyak SDM perusahaan yang belum cakap dalam menerima permintaan atau pesanan dari pelanggan. Kinerja perusahaan menggunakan metode Human Resource Scorecard (HRSC) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) menghasilkan bobot dengan perincian perspektif keuangan sebesar 2,66 yang berarti kinerjanya sedang, kemudian perspektif pelanggan sebesar 2,58 yang berarti kinerja karyawan masih kurang, perspektif proses bisnis internal menghasilkan angka 3,5 yang berarti bahwa kinerja karyawan untuk proses bisnis sudah baik, disusul perspektif proses learn and growth dengan angka 2,89 yang berarti bahwa kinerja karyawan masuk kategori sedang. Dari keempat perspektif yang ada, hanya satu perspektif yang menunjukkan hasil kinerja kurang, yakni perpsektif pelanggan. Sedangkan dua perspektif yang lain yakni perspektif keuangan dan perspektif learn and growth menunjukkan kinerja dalam kategori sedang. Kemudian kinerja paling baik ditunjukkan oleh perspektif proses bisnis internal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Husen Zaini, Akmal Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.