Perancangan Kursi Anak Down Syndrome Dengan Metode Pahl And Beitz Guna Mengoptimalkan Waktu Pada Anak Saat Aktivitas Belajar Dikelas
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v4i2.651Keywords:
Disabilitas, Kursi, Metode Pahl and BeitzAbstract
Aktivitas manusia tidak bisa dipungkiri bahwa mereka saling terkait dengan fasilitas yang ada pada lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk merancang kursi kreatif untuk anak down syndrome yang ergonomi dengan metode Pahl dan Beitz guna mengoptimalkan pembelajaran anak disabilitas pada saat aktivitas belajar di kelas. Lokasi pengambillan data dalam penelitilan ini dillakukan di SLB di Pamekasan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah rancangan sebuah produk kursi, variabel independent dalam penelitian ini yaitu, Tinggi Pertengahan Bahu Pada Posisi Duduk (cm), Tinggi Siku Pada Posisi Duduk (cm), Tinggi Lipatan Dalam Lutut (cm), Rentang Bahu (cm) dan Jarak Pantat Lipatan Dalam Lutut (cm). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat hasil, Ukuran tinggi kursi pada kursi disabilitas yaitu 50,42 cm (0,50 meter), Ukuran tinggi papan siku pada kursi disabilitas ini adalah 26,38 cm (0,26 meter), Ukuran Tinggi Lipatan Dalam Lutut pada kursi disabilitas adalah 50,08 cm (0,50 meter), Ukuran Rentang Bahu pada kursi disabilitas adalah 46,43 cm (0,46 mete1r), Uku1ran tiln1ggi lipatan ku1rsi pl1ada kursi disabilitas adalah 50,22 cm (0,50 meter). Desain kursi yang terdapat spons dan juga dapat mengurangi akan terjadinya cidera otot tangan dan tulang punggung pada konsumen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kanjeng M. S. Putri, Dira Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.