Merancang Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Hunian Pasien Pada Klinik Pratama Rawat Inap Sifa Husada Nglaban-Nganjuk Menggunakan Metode SWOT
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.398Keywords:
EFAS, IFAS, Klinik, Strategi Pemasaran, SWOTAbstract
Klinik Pratama Rawat Inap Sifa Husada Nglaban-Nganjuk merupakan sebuah klinik mandiri yang telah beroperasi sejak tahun 2017 dimana klinik ini hanya berfokuskan pada jenis pelayanan umum medik dasar. Permasalahan yang sedang dihadapi kini ialah perihal faktor penyebab penurunan jumlah pasien rawat inap yang mengakibatkan turunnya pendapatan klinik. Dilansir dari data sekunder yang diperoleh dari manager klinik adalah sebanyak 50% pasien ditahun 2021 hingga awal tahun 2022 omset yang didapatkan mengalami kemerosotan, sehimgga perlu peninjauan ulang terkait indikator penyebabnya sehingga dapat melakukan perancangan strategi pemasaran yang harapannya mampu memberikan solusi. Penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weekness, Oppotunities,Treats) dengan pemberian kuesioner kepada 97 responden. Hasil yang didapat ialah mengetahui tingkat kepuasan pasien dari perolehan rangking nilai bauran pemasaran berdasarkan 7P, diketahui (Internal Strategic Factor Analysis Summary) yaitu sumbu X, yaitu dengan nilai kekuatan sebesar 2,204 lalu untuk nilai kelemahan sebesar 1,769 dihasilkan nilai IFAS sebesar 0,435, kemudian faktor eksternal (Eksternal Strategic Factor Analysis Summary) yaitu sumbu Y, nilai peluang sebesar 1,562 kemudian nilai ancaman sebesar 2,312 menghasilkan nilai sebesar -0,75 dikarenakan faktor ancaman lebih besar dibandingkan faktor peluang. Dari hasil tersebut diketahui Klinik ada di Kuadran II, Klinik memiliki faktor strategi yang diperuntukkan agar mampu memaksimalkan kekuatan guna dapat mewaspadai ancaman. lalu mengkombinasi kedua faktor tersebut didalam strategi Strenght Threat (ST).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irfan Ramadhan Khotib, Didi Samanhudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.