Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT Strategic dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada CV. Laskin Beauty.
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v3i1.362Keywords:
Kosmetik, Strategi Pemasaran, SOAR, QSPMAbstract
Saat ini skincare dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer terutama untuk kalangan wanita. Banyak brand yang mulai bermunculan dengan berbagai inovasi produk mereka untuk kebutuhan masyarakat membuat perusahaan harus meningkatkan strategi pemasaran untuk dapat bersaing. CV. Laskin Beauty adalah perusahaan yang menjual produk perawatan kulit yang salah satu produknya yaitu Darkspot Serum mengalami penurunan penjualan.Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan alternative strategi pemasaran untuk produk Darkspot Serum pada CV. Laskin Beau-ty yang mengalami penurunan penjualan.Metode yang digunakan adalah SOAR (Strength, Oppor-tunities, Aspiration, Result) yang digunakan untuk mengetahui di posisi manakah perusahaan saat ini dan juga menentukan alternative strategi pemasarannya.Lalu metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) digunakan untuk menentukan skor tertinggi alternative strategi dan juga menentukan strategi prioritasnya. Setelah dilakukan analisis, didapatkan kesimpulan alterna-tive strategi dengan skor tertinggi pada nilai 2,38 yaitu menggunakan content creator/social me-dia specialist untuk memberikan product knowledge kepada customer yang diunggah di media sosial penjualan dalam bentuk video maupun foto mengenai informasi detail produk (harga, kan-dungan, daya tahan, kegunaan, cara pemakaian) dan juga informasi mengenai promosi atau dis-kon pada event tertentu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anissa Reza Salbila, Didi Samanhudi2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.