Analisis Penempatan Produk dengan Metode Market Basket Analysis dan Activity Relationship Chart (Studi Kasus : Sakinah Supermarket)
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.358Keywords:
Supermarket, Market Basket Analysis, Apriori Algorithm, Tata Letak, Strategi PenjualanAbstract
Ketatnya persaingan serta kondisi pasar yang kompetitif dan dinamis membuat setiap perusahaan harus selalu memperhatikan persaingan dan cerdas dalam menganalisa pasar. Sakinah Supermarket merupakan salah satu perusahaan ritel yang berkedudukan di Surabaya. Sering terjadinya penumpukan dan penataan produk yang kurang tepat membuat banyaknya keluhan konsumen kesulitan dalam mencari produk. Permasalahan tersebut membuat penataan ulang layout rak supermarket perlu dilakukan dalam penempatan produk untuk menentukan strategi penjualan. Pendekatan Association rules metode Market Basket Analysis (MBA) dan Activity Relationship Chart (ARC) diajukan untuk menentukan pertimbangan layout. Menempatkan produk pada tata letak yang sesuai dengan keinginan konsumen dan memberikan rekomendasi atau respon teknis kepada pihak supermarket dalam hal pelayanan konsumen menjadi tujuan utama. Hasil didapat usulan tata letak supermarket baru berdasarkan asosiasi antar kategori produk. Hal ini memungkinkan penjual untuk mengelompokkan produk berdasarkan kebiasaan pola pembelian konsumen, mengurangi waktu pencarian, dan kemudian menciptakan daya tarik yang kuat untuk konsumen. Association rules memberikan perbedaan secara kompetitif dalam ritel dengan menghadirkan solusi tata letak toko ritel yang lebih menguntungkan. Informasi yang didapat mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pemasaran ritel. Pelanggan lebih bahagia karena mereka menemukan apa yang dibutuhkan, sedangkan penjual dapat memaksimalkan keuntungan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Akhmad Triantono, Akmal Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.