Analisis Positioning Smartphone Merek Vivo Berdasarkan Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Produk dengan Metode Multidimensional Scaling di Kec. Sangkapura Bawean
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i6.344Keywords:
Multidimensional Scaling, Positioning, PersepsiAbstract
Masyarakat saat ini sangat membutuhkan smartphone sebagai alat komunikasi dan infor-masi yang dapat menunjang semua kegiatannya. Demikian pula dengan masyarakat di pulau bawean khusunya kecamatan Sangkapura dimana pada masa pandemi seperti saat ini semua kegiatan baik di sekolah, kampus, kantor bahkan di tempat usaha lainnya sudah menggunakan sistem online dan mengharuskan mereka menggunakan smartphone. Dengan banyaknya merek smartphone yang ditawarkan di pasaran membuat konsumen bingung dalam membeli smartphone seperti apa yang tepat untuk kebutuhan mereka. Positioning merupakan tahapan paling penting untuk mengetahui posisi merek di mata konsumen. Objek yang diteliti yaitu smartphone dengan merek Vivo, Oppo, Samsung dan Xiaomi. Dalam penelitian ini data didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang dibutuhkan adalah 100 responden. Dengan menggunakan software SPSS 22 Statistic Version data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode Multidimensional Scaling. Hasil dari penelitian ialah smartphone Vivo be-rada diposisi pertama dalam atribut harga, spesifikasi, dan desain, sedangkan pada atribut iklan smartphone Samsung berada pada posisi pertama berdasarkan persepsi konsumen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Shuhuvim Mukarromah, Iriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.