Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan di PT. X
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.328Keywords:
Kepuasan pelanggan, Kualtas pelayanan, Service performance (SERVPERF)Abstract
Kepuasan pelanggan memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan suatu organisasi yang menawarkan produk ataupun layanan jasa. Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan adalah kunci suatu usaha dapat terus berjalan maka dari itu pemilik usaha perlu memenuhi ekspektasi para pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meraih kepua-san pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan melalui beberapa atribut kualitas pela-yanan di PT. X. Responden pada penelitian ini adalah para pelanggan di PT. X dan ditentukan dengan disproportionate stratified random sampling. Variabel dependen dalam tinjauan ini adalah kepuasan pelanggan sedangkan variabel independen adalah 5 komponen nilai yang terdiri dari responsive, reliability, tangible, assurance dan emphaty. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara serta menyebarkan kuesioner dan diolah dengan menggunakan metode Service Performance (SERVPERF). Hasil dari penelitian ini menyatakan tingkat kepuasan pelang-gan terhadap kualitas sebesar 82,185% dan terdapat 3 atribut pelayanan utama yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu atribut kemampuan karyawan dalam menjelaskan masa-lah, kemampuan karyawan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta atribut kecepatan karya-wan dalam pemberian solusi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizqi Novita Sari, Mega Cattleya Prameswari Annissa Islami, Isna Nugraha, Yekti Condro Winursito, Sinta Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.