Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Purchase Decision dan Repurchase Intention Sepatu Converse
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i5.318Keywords:
Brand Awareness, Citra merek, Keputusan pembelian, Minat beli ulang, Structural Equation ModellingAbstract
Saat ini perkembangan dunia fashion semakin meningkat, salah satu yang paling berkembang adalah tren sepatu. Semakin berkembangnya tren sepatu seiring zaman, maka semakin banyak merek produk sepatu yang beredar di pasaran, hal tersebut mendorong konsumen untuk lebih pintar dan lebih cermat lagi dalam memilih produk sepatu yang diharapkan, karena pada umumnya merek dari sebuah produk sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Salah satu merek sepatu yang populer dimasyarakat yaitu Converse terbukti dengan berada pada peringkat ketiga dalam 10 merek sepatu terbaik didunia. Memang converse sudah memiliki brand awareness dan citra merek yang sudah cukup baik akan tetapi belum cukup baik dibandingkan dengan Adidas dan Nike oleh karena itu converse perlu meningkatkan lagi brand awareness maupun citra merek
mereka agar dapat menggeser posisi adidas di peringkat kedua. Tujuan dari penelitianiiniaadalahuuntukmmengetahuippengaruhbbrand awareness dan citra merek terhadap keputusan pembelian dan minat beli ulang sepatu Converse sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan strategi bersaing yang tepat untuk produknya. Penelitian ini disebarkan kepada responden yang pernah membeli sepatu Converse lebih dari satu kali dan berdomisili di kota Surabaya dengan jumlah 140 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan miant beli ulang, citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli ulang, dan keputusan pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ega Nugroho Muliawan, Minto Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.