Analisa Penilaian Kinerja dalam Pemilihan Karyawan Terbaik Departemen Pemeliharaan di PT. XYZ dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Aldha Asmaradanta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Joumil Aidil Saifuddin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i5.284

Keywords:

Karyawan Terbaik, Departemen Pemeliharaan, AHP

Abstract

PT. XYZ merupakan suatu perusahaan yang berjalan dalam bidang bisnis pelayanan jasa penyediaan tenaga listrik. PT. XYZ mempunyai unit bisnis lain yaitu Unit Bisnis Jasa Operation & Maintenance (UBJOM) yang melayani jasa operasi dan pemeliharaan unit pembangkit tenaga listrik dengan salah satunya PT. XYZ. PT. XYZ mendapatkan kepercayaan dari PT. PLN ditugaskan untuk menangani kinerja aset Operation & Maintenance pembangkit listrik Program Percepatan Diversifikasi Energi (PPDE) dengan kapasitas 2 x 350 Mega Watt (MW). PT. XYZ memiliki 5 Departemen antara lain Departemen Operasi, Departemen Pemeliharaan, Departemen Teknik, Departemen Logistik dan terakhir Departemen Keuangan dan Administrasi. Supaya kualitas para karyawanxterjaga dan meningkat, perusahaan perlu melakukan suatu penilaian kinerja pegawai berupa pemilihan karyawan terbaik dimana kinerja karyawan dapat diapresiasi oleh perusahaan demi mencapai kemajuan bersama. Dengan menggunakan metode_Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai usulan dalam penilaian kinerja objektif maka didapatkan ranking kriteria untuk penilaian staff dari yang tertinggi ke terendah antara lain Kedisiplinan dengan bobot nilai sebesar 0,424, kemudian dilanjutkan dengan Kepribadian dengan bobot nilai 0,290, Hasil Kerja dengan bobot nilai 0,175, dan Hubungan Kerja dengan bobot nilai 0,111.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Aldha Asmaradanta, & Joumil Aidil Saifuddin. (2021). Analisa Penilaian Kinerja dalam Pemilihan Karyawan Terbaik Departemen Pemeliharaan di PT. XYZ dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) . JUMINTEN, 2(5), 1–12. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i5.284