Analisis Strategi Pemasaran Produk Detergen dengan Metode SWOT dan Boston Consulting Group (BCG) di PT. XYZ

Authors

  • Fitriana Shinta Devi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Didi Samanhudi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.276

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, Boston Consulting Group

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang produk rumah tangga. Produk yang diproduksi oleh PT. XYZ salah satunya adalah detergen. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh PT. XYZ adalah pada tingkat penjualan produk detergen merek x yang tidak mengalami peningkatan atau perubahan selama 4 tahun terakhir atau dapat dikatakan mengalami kondisi stagnan, Sehingga dibutuhkan strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan bisnis, terutama persaingan pada perusahaan yang memiliki produk bisnis yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) dan Boston Consulting Group (BCG) di PT. XYZ. SWOT merupakan metode yang dapat digunakan untuk menentukan dan menghasilkan strategi terbaik dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan. BCG merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan dengan mempertim-bangkan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Dari perhitungan yang telah dilakukan, dihasilkan nilai 0.346 dan -0.291. Nilai tersebut memiliki arti bahwa diagram SWOT mengarah pada kuadaran II yaitu ST (Strength-Threat). Sedangkan untuk metode BCG didapatkan bahwa posisi perusahaan berada di kuadran tanda tanya (Question Marks) hal tersebut memiliki arti bahwa perusahaan memiliki pertumbuhan pasar yang tinggi akan tetapi pangsa pasarnya rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Fitriana Shinta Devi, & Didi Samanhudi. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Detergen dengan Metode SWOT dan Boston Consulting Group (BCG) di PT. XYZ . JUMINTEN, 2(3), 131–142. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.276