Analisis Pengaruh Manajemen Rantai Pasok Terhadap Kinerja Perusahaan PT. Semesta Mitra Sejahtera Cabang Sidoarjo Menggunakan Structural Equation Model (SEM)-Partial Least Square (PLS)

Authors

  • Santi Wulandari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dira Ernawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.267

Keywords:

Manajemen Rantai Pasok, Kinerja Perusahaan, SEM-PLS

Abstract

Dengan meningkatnya pertumbuhan dunia industri berimplikasi pula dengan meningkatnya permintaan pasar akan suatu produk yang diinginkan. Perusahaan selaku salah satu pelaku kegiatan di sektor industri dituntut untuk bisa mempertahankan produk di pasaran serta terus berinovasi dalam strategi dan integrasi yang baik dari tiap sektor. PT. Semesta Mitra Sejahtera Cabang Sidoarjo adalah perusahaan yang berfokus di bidang peternakan (farm) ayam pullet yang peternakannya tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur. Diketahui bahwa di perusahaan ini seringkali terjadi perubahan kebijakan mendadak terkait proses pemeliharaan ayam pullet di peternakan. Dikarenakan lokasi farm yang tidak dalam satu daerah, perusahaan mengalami kesulitan dalam penyampaian informasi untuk secara efektif terkait penerapan kebijakan baru terhadap farm. Dari latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh manajemen rantai pasok terhadap kinerja perusahaan dengan menggunakan SEM-PLS dengan tahap pertama yaitu Evaluation of Measurement Model yang dilakukan dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji Validitas dilakukan dengan dua tahap yaitu Convergent Validity dan Discriminant Validity. Uji Reliabilitas dilakukan dengan dua tahap yaitu Composite Reliability dan Cronbach’s Alpha. Tahap kedua yaitu Evaluation of Structural Model yang dilakukan dengan suatu pengujian yang dinamakan Inner Model Test yang dilakukan dengan lima langkah, yaitu R-Square hingga Model Fit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Santi Wulandari, & Dira Ernawati. (2021). Analisis Pengaruh Manajemen Rantai Pasok Terhadap Kinerja Perusahaan PT. Semesta Mitra Sejahtera Cabang Sidoarjo Menggunakan Structural Equation Model (SEM)-Partial Least Square (PLS) . JUMINTEN, 2(3), 95–106. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.267