Strategi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Correspondance Analysis dan Importance Performance Analysis pada Kafe XYZ

Authors

  • Arrizal Fikriansyah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Didi Samanhudi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i5.192

Keywords:

strategi pemasaran, correspondance analysis, importance performance analysis, bauran pemaasaran

Abstract

Kafe XYZ merupakan sebuah kafe yang berada di daerah Dinoyo Malang. Persaingan dalam bisnis kafe merupakan hal yang pasti terjadi pada semua sektor bisnis termasuk bisnis kafe. Diketahui permasalahnya yang sering dialami ialah tentang produk, tempat, harga dan promosi. Kafe Kafe XYZ merupakan kafe yang sedang berkembang untuk mengatasi permasalah tersebut Kopitaalism ingin memenangkan persaingan kafe. Tujuan dari peneitian ini adalah mendapatkan strategi pemasaran. Cara memenangkannya ialah memperbaiki kekurangan kafe dengan mem-bandingkan dengan kafe pesaing. Metode yang pertama adalah correspondance analysis berguna untuk kelebihan dan kekurangan dari Kafe XYZ agar dijadikan rancangan strategi. Metode kedua ialah importance performance analysis berguna untuk mengetahui mutu pelayanan yang telah dil-akukan oleh Kafe XYZ untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Hal-hal yang haru di perhatikan oleh Kafe XYZ berdasarkan urutan prioritas perbaikan atribut sebagai berikut urutan pertama yaitu Kebersihan kafe dijaga, Kecepatan dan tepat dalam hal melayani, adanya event khusus, Ma-kanan selalu tersedia, Kursi meja yang nyaman, Terdapat TV, Sound system dan wifi, Kejelasan papan nama dan Kecakapan pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Arrizal Fikriansyah, & Didi Samanhudi. (2020). Strategi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Correspondance Analysis dan Importance Performance Analysis pada Kafe XYZ. JUMINTEN, 1(5), 25–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i5.192