Analisis Keseimbangan Lintasan Menggunakan Metode Largest Candidate Rule, Killbridge and Western Method, Ranked Positional Weights

Authors

  • Helmi Syaiful Haq Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Farida Pulansari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Akmal Suryadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.18

Keywords:

Balance delay, Killbridge and Western Method, Largest Candidate Rule, Line Balancing, Ranked Positional Weights

Abstract

UD. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi spare part otomotif, aksesoris sepeda motor dan juga alat bantu pertanian. UD. XYZ memiliki lini proses yang memproduksi standar paddock untuk sepeda motor tipe sport. Pada lini produksi paddock sering terjadi bottleneck pada proses pengerolan pipa dan proses pengecatan sehingga mengaki-batkan ada beberapa work station yang mengalami idle time yang signifikan dalam setiap proses produksi yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah Larg-est Candidate Rule, Killbridge and Western Method, dan Ranked Positional Weights sebagai metode pembanding. Dengan menghasilkan metode yang paling optimal adalah metode Largest Candidate Rule yang menghasilkan line efficiency 85,04%, balance delay sebesar 19,94%, dan smoothnes index 1,8239 dengan jumlah operator sebanyak 6 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Helmi Syaiful Haq, Farida Pulansari, & Akmal Suryadi. (2020). Analisis Keseimbangan Lintasan Menggunakan Metode Largest Candidate Rule, Killbridge and Western Method, Ranked Positional Weights. JUMINTEN, 1(3), 13–24. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.18