Analisis Pengukuran Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Lini Extension Produk Rokok X dengan Pendekatan HOE dan CSI

Authors

  • Olivia Cindy Paramita Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Minto Waluyo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.139

Keywords:

Sensitivitas, Respon Konsumen, Perluasan Lini Produk, Hierarchy Of Effects, Costumer Satisfaction Index

Abstract

Rokok X merupakan hasil lini extension yang dilakukan PT. XYZ dari produk lamanya yaitu Rokok Y. Perluasan lini (lini extension) rokok Y ke rokok X tentu saja memberikan pengaruh ter-hadap respon konsumen. Konsumen atau bahkan pasar secara keseluruhan akan memberikan per-hatian, minat, keinginan, keyakinan bahkan mungkin pembelian terhadap rokok X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat sensitivitas respon konsumen terhadap produk lini rokok X. Variabel respon menurut Simamora dalam Ardelia (2016) yaitu Awarness, Knowledge, Liking, Preference, conviction, dan Purchase. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna rokok Y dan X dengan minimal penggunaan satu kali. Penelitian ini menggunakan metode Hier-archhy Of Effects dan Costumer Satisfaction Index yang diolah menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran sensitivitas respon konsumen terhadap lini extension produk X dinyatakan sensitive dengan nilai 2,63 dengan nilai Costumer Satisfaction Index sebesar 0,76 yang berarti baik namun harus ditingkatkan agar memperoleh nilai yang maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Olivia Cindy Paramita, & Minto Waluyo. (2021). Analisis Pengukuran Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Lini Extension Produk Rokok X dengan Pendekatan HOE dan CSI . JUMINTEN, 2(2), 48–59. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.139