Analisis Pengukuran Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Lini Extension Produk Rokok X dengan Pendekatan HOE dan CSI
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.139Keywords:
Sensitivitas, Respon Konsumen, Perluasan Lini Produk, Hierarchy Of Effects, Costumer Satisfaction IndexAbstract
Rokok X merupakan hasil lini extension yang dilakukan PT. XYZ dari produk lamanya yaitu Rokok Y. Perluasan lini (lini extension) rokok Y ke rokok X tentu saja memberikan pengaruh ter-hadap respon konsumen. Konsumen atau bahkan pasar secara keseluruhan akan memberikan per-hatian, minat, keinginan, keyakinan bahkan mungkin pembelian terhadap rokok X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat sensitivitas respon konsumen terhadap produk lini rokok X. Variabel respon menurut Simamora dalam Ardelia (2016) yaitu Awarness, Knowledge, Liking, Preference, conviction, dan Purchase. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna rokok Y dan X dengan minimal penggunaan satu kali. Penelitian ini menggunakan metode Hier-archhy Of Effects dan Costumer Satisfaction Index yang diolah menggunakan software SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran sensitivitas respon konsumen terhadap lini extension produk X dinyatakan sensitive dengan nilai 2,63 dengan nilai Costumer Satisfaction Index sebesar 0,76 yang berarti baik namun harus ditingkatkan agar memperoleh nilai yang maksimal
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Olivia Cindy Paramita, Minto Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.