Analisis Persaingan Pemasaran Produk Susu Cair dalam Kemasan Siap Minum Menggunakan Metode Logika Fuzzy dan Teori Permainan
DOI:
https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.124Keywords:
Saddle Point, Logika Fuzzy, Teori PermainanAbstract
Saat ini banyak beredar susu cair dalam kemasan siap minum, hal tersebut membuat kon-sumen selektif dalam memilih. Keselektifan konsumen mengakibatkan semakin ketatnya per-saingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Berdasarkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh taringan (2019) pada jasa transportasi online Go-jek dan Grab, penerapan metode logika fuzzy dan teori permainan menghasilkan nilai saddle point sebesar -3,173 yang mana atribut keamanan untuk Go-jek dan atribut kode promosi/diskon untuk Grab. Permasalahan persaingan produk susu cair dalam kemasan siap minum tersebut dapat diselesaikan menggunakan metode logika fuzzy dan teori permainan untuk mementukan atribut pemasaran yang tepat dalam memenangkan persaingan. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai saddle point antara Frisianflag vs indomilk sebesar -0,502, sedangkan untuk nilai saddle point antara frisianflag vs Greenfild sebesar 1,474, dan untuk nilai saddle point antara indomilk vs greenfield sebesar 0,972. Sehingga atribut pemasaran yang diunggulkan untuk frisianflag yaitu kesegaran susu, untuk indomilk yaitu iklan, dan untuk greenfield yaitu ketersediaan susu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ichan Wahyuti, Yustina Ngatilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.