Merancang Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Hunian Pasien Pada Klinik Pratama Rawat Inap Sifa Husada Nglaban-Nganjuk Menggunakan Metode SWOT

  • Irfan Ramadhan Khotib Fakultas Teknik UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Didi Samanhudi UPN Veteran Jatim
Keywords: Clinik, Strategi Pemasaran, IFAS, EFAS, SWOT

Abstract

Klinik Pratama Rawat Inap Sifa Husada Nglaban-Nganjuk merupakan sebuah klinik mandiri yang telah beroperasi sejak tahun 2017 dimana klinik ini hanya berfokuskan pada jenis pelayanan umum medik dasar. Permasalahan yang sedang dihadapi kini ialah perihal faktor penyebab penurunan jumlah pasien rawat inap yang mengakibatkan turunnya pendapatan klinik. Dilansir dari data sekunder yang diperoleh dari manager klinik adalah sebanyak 50% pasien ditahun 2021 hingga awal tahun 2022 omset yang didapatkan mengalami kemerosotan, sehimgga perlu peninjauan ulang terkait indikator penyebabnya sehingga dapat melakukan perancangan strategi pemasaran yang harapannya mampu memberikan solusi. Penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weekness, Oppotunities,Treats) dengan pemberian kuesioner kepada 97 responden. Hasil yang didapat ialah mengetahui tingkat kepuasan pasien dari perolehan rangking nilai bauran pemasaran berdasarkan Marketing mix, diketahui (Internal Strategic Factor Analysis Summary) yaitu sumbu X, yaitu dengan nilai kekuatan sebesar 2,204 lalu untuk nilai kelemahan sebesar 1,769 dihasilkan nilai IFAS sebesar 0,435, kemudian faktor eksternal (Eksternal Strategic Factor Analysis Summary) yaitu sumbu Y, nilai peluang sebesar 1,562 kemudian nilai ancaman sebesar 2,312 menghasilkan nilai sebesar -0,75dikarenakan faktor ancaman lebih besar dibandingkan faktor peluang. Dari hasil tersebut diketahui Klinik ada di Kuadran II, Klinik memiliki faktor strategi yang diperuntukkan agar mampu memaksimalkan kekuatan guna dapat mewaspadai ancaman. lalu mengkombinasi kedua faktor tersebut didalam strategi Strenght Threat (ST)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-01
How to Cite
Khotib, I., & Samanhudi, D. (2022). Merancang Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Hunian Pasien Pada Klinik Pratama Rawat Inap Sifa Husada Nglaban-Nganjuk Menggunakan Metode SWOT. JUMINTEN, 3(2), 73-84. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.398