Analisa Kepuasan Pelanggan Pada Platform Game Steam dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

  • Bryan Arya Pangestu Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Iriani Iriani UPN Veteran Jatim
Keywords: Game, Kualitas Pelayanan, IPA, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perdagangan yang sedang marak pada masa modern ini adalah perdagangan digital berupa video game. Banyaknya perusahaan digital yang mulai muncul untuk menawarkan layanan DRM agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atas video game menyebabkan ketatnya persaingan. Steam merupakan salah satu platform e-commerce produk digital game berbasis komputer yang mengalami kenaikan tanggapan negatif pada tahun 2021 karena tidak puasnya pengguna atas pelayanan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Steam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance-Performance Analysis (IPA) yang merupakan suatu metode untuk meneliti tingkat kepuasan pada tiap elemen dalam kualitas layanan untuk perencanaan perbaikan atau pengembangan. Hasil dari penelitian dengan metode Importance Performance Analysis dari 13 atribut pelayanan Steam didapatkan rata-rata kesesuaian sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa layanan telah memenuhi harapan konsumen namun masih perlu dilakukan perbaikan. Ditinjau dari diagram kartesius, terdapat 3 atribut yang dianggap paling penting bagi pengguna yakni adanya garansi produk digital, keamanan produk digital yang ada di akun pengguna, keamanan dan ketepatan sistem pembayaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. Y., & Haryanto, E. V. (2020). Perancangan Game Novel Visual Pengenalan Landmark Seluruh Provinsi Di Indonesia Berbasis Android. Jurnal FTIK, 1(1), 844–856.

Budhi, I. gede kt. T. P., & Sumiari, N. K. (2017). Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym. Sisfotenika, 7(1), 25–37

Cade, R., & Gates, J. (2017). Gamers and Video Game Culture: An Introduction for Counselors. Family Journal, 25(1), 70–75.

Clement, J. 2021. “Number of peak concurrent Steam users from January 2013 to September 2021” https://www.statista.com/statistics/308330/number-stream-users/#:~:text=Steam%20had%20approximately%20120%20million, monthly%20active%20users%20in%202019. Diakses pada 21 Februari 2022.

Clement, J. 2022. “Number of active users of Epic Games Store worldwide from 2019 to 2021” https://www.statista.com/statistics/1234012/number-epic-games-store-users/. Diakses pada 21 Februari 2022.

Djundik, Paul. (2021). Steam Chart. Diakses dari https://steamdb.info/graph/ pada tanggal 18 November 2021

Dunakhri, S. (2018). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. Prosding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 249–252.

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283.

Fraenkel, J. L., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Kotler, P. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lodhita, Heru Eka. 2014. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Dan CSI (Customer Satisfaction Index) Studi Kasus Pada Toko Oen, Ma-lang. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian: Universitas Brawijaya

Lusianti, D. (2017). Pengukuran Kepuasan Peserta JKN Melalui Pendekatan Importance-Performance Analysis. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(1), 17

McAloon, Alissa. 2020. "Ubisoft beats Q4 forecasts, thanks in no small part to player recurring investment" https://www.gamedeveloper.com/business/ ubisoft-beats-q4-forecasts-thanks-in-no-small-part-to-player-recurring-investment. Diakses pada 21 Februari 2022.

Putra, Ikbal Rizki. (2021). Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Im-portance-Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Studi Kasus: Rumah Makan Family Benteng Bukittinggi. Skripsi. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahmaini, S. N. (2018). Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). Skripsi. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Is-lam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Shia, B. C. Mingchih Chen, & Agus David Ramadhan. (2016). Measuring Customer Satisfaction toward Localization Website by WebQual and Importance Performance Analysis (Case Study on AliexPress Site in Indonesia). American Journal of Industrial and Business Management, 117-128.

Siyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasa-bah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 03(01), 63–76.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zainollah, Andi. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Customer Satisaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.

Zakaria, D. G. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1–18.

Published
2022-09-01
How to Cite
Pangestu, B., & Iriani, I. (2022). Analisa Kepuasan Pelanggan Pada Platform Game Steam dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). JUMINTEN, 3(2), 49-60. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.394