Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Penyimpanan Produk Jadi Menggunakan Metode Dedicated Storage Untuk Meminimalkan Jarak Perpindahan di PT. Petrokimia Gresik

  • Dwi Yanyuni UPN VETERAN JAWA TIMUR
  • Endang Pudji Widjajati UPN Veteran Jatim
Keywords: dedicated storage, pergudangan, tata letak

Abstract

PT. Petrokimia Gresik adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi pupuk terlengkap di Indonesia dengan beraneka ragam jenis pupuk antara lain phonska, urea, SP-36 dan produk non pupuk lainnya. Untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat makan diperlukan kelancaran dan efisiensi proses produksi sehimgga memberlakukan sistem produksi yang terus-menerus. Pada tahun 2021 perusahaan juga mengalami dampak dari kebijakan PSBB yang diberlakukan oleh pemerintah hal tersebut berdampak pada sedikitnya produk yang keluar karena terhambatnya gerak distribusi pupuk ke berbagai daerah yang memberlakukan kebijakan tersebut serta dengan sistem operasional 24 jam perhari mengakibatkan pupuk yang terus menerus diproduksi mempunyai kendala pada proses peletakannya yang mana diletakkan ditempat yang belum terencana sebelumnya. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode dedicated storage untuk dapat mengetahui kebutuhan ruang penyimpanan dan mengoptimalkan kapasitas gudang untuk produksi yang telah direncanakan serta untuk mengetahui tata letak penyimpanan produk yang efisien sesuai dengan minimum jarak perpindahan produk. Hasil perhitungan dari penelitian ini diperoleh kapasitas slot yang diperlukan untuk rencana produksi tersebut adalah 13 slot dari 18 slot penyimpanan yang ada serta setelah dilakukan perhitungan didapatkan perubahan layout tata letak produk sesuai dengan jarak perpindahan minimum yaitu sebesar 4.763,35 meter dari jarak layout sebelumnya sebesar 9.624,75 meter sehingga dengan tata letak usulan tersebut dapat menghemat jarak perpindahan yang lebih efektif sebesar 33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah, F. (2018). “Redesain Tata Letak Gudang Untuk Meminimalkan Ongkos Material Handling Pada Pt. Securi-ko Indonesia”. (Doctoral dissertation, Untag Surabaya).

Arif, M. 2017. “Perancangan Tata Letak Pabrik”. Sleman. Penerbit Deepublish

Audrey, O., Sukania, W., & Nasution, S. R. (2019). “Analisis tata letak gudang dengan menggunakan metode dedicate storage”. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 43-49.

Bartholdi, John J & Hackman, Steven T. (2017). “Warehouse & Distribution Science Release 0,98”. Atlanta The Supplay Chain & Logistics Institute H. Milton Stewart School of Industrial and Systems Engineering.

Dianto, C., Widiandoko, F., Rahmanasari, D., & Sutopo, W. (2020). “Redesign Production Layout Using Dedicated Stor-age Method: Case Study of PT. Solo Grafika Utama”. In IOP Conference Series: Materials Science and Engi-neering (Vol. 943, No. 1, p. 012042). IOP Publishing.

Faharani, dan Reza Z. (2012). “Facility Location”. New York: Physica-Verlag

Fitriani, N. (2018). “Perancangan Tata Letak Gudang Penyimpanan Produk Olahan Ubi Jalar di PT Galih Estetika Indone-sia Kabupaten Kuningan”. Jurnal Institut Pertanian Bogor.

Hadiguna, R. A. (2013). Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Kulsum, K., Muharni, Y., & Felayani, A. A. A. (2020). “Usulan pengoptimalan tata letak gudang W12 menggunakan ke-bijakan dedicated storage dengan penerapan simulasi (Studi kasus: PT. XYZ)”. Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi, 16(2), 285-292.

Meldra, D., & Purba, H. M. (2018). “Relayout Tata Letak Gudang Barang Dengan Menggunakan Metode Dedicated Storage”. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 4(1), 32-39.

Moengin, P., Firdaus, I. N., & Adisuwiryo, S. (2018). “Perancangan Model Simulasi Tata Letak Gudang Bahan Baku Menggunakan Metode Shared Storage Pada PT. Hyundai Indonesia Motor”. JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 8(2), 115-132.

Montororing, Y. D. R. (2021). “Perancangan Tata Letak Gudang Produk Minuman Dengan Metode Dedicated Storage Pada PT. ABC”. Kaizen: Management Systems & Industrial Engineering Journal, 4(1), 26-32.

Nursyanti, Y. (2020). “Usulan Perbaikan Penempatan Produk Pada Gudang Produk Jadi Dengan Menggunakan Metode Dedicated Storage”. Jurnal Teknik Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 9(1), 25-30.

Prasetyo, Y. T., & Fudhla, A. F. (2021). “Perbaikan Tata Letak Fasilitas Gudang Dengan Pendekatan Dedicated Storage Pada Gudang Distribusi Barang Jadi Industri Makanan Ringan”. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 7(1), 1-6.

Priliyanto, Y. B., & Sumiati, S. (2019). “Perancangan Ulang Tata Letak Penyimpanan Barang Menggunakan Metode Dedicated Storage (Studi Kasus: PT. Temprina Media Grafika)”. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 14(1), 16-22.

Sentia, P. D., & Suhendrianto, A. R. (2017). “Perancangan Tata Letak Gudang Penempatan Produk Menggunakan Metode Dedicated Storage”. Jurnal Teknik Industri, 2, 25-32.

Sitorus, H., Rudianto, R., & Ginting, M. (2020). “Perbaikan Tata Letak Gudang dengan Metode Dedicated Storage dan Class Based Storage serta Optimasi Alokasi Pekerjaan Material Handling di PT. Dua Kuda Indonesia”. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 5(2), 87-98.

Sugeng, U. M. (2017). “Perancangan Tata Letak Warehouse Baru Untuk Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Material Dengan Metode Dedicated Storage Di PT. XX”. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 3(1), 23-28.

Surya, B. O., Sitania, F. D., & Gunawan, S. (2022). “Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Produk Menggunakan Metode Dedicated Storage (Studi Kasus: PT. Borneo Indah Fokus, Samarinda)”. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 5(1), 61-67.

Wignjosoebroto, Sritomo. (2012). “Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga Cetakan Keempat”, Suraba-ya: Penerbit Guna Widya.

Published
2022-09-01
How to Cite
Yanyuni, D., & Widjajati, E. (2022). Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Penyimpanan Produk Jadi Menggunakan Metode Dedicated Storage Untuk Meminimalkan Jarak Perpindahan di PT. Petrokimia Gresik. JUMINTEN, 3(2), 97-108. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.403