Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Percetakan Pada CV. Kita Printing dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Authors

  • Vera Faradillah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Iriani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.395

Keywords:

QSPM, Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Saat ini, berbagai bidang bisnis menghadapi iklim kompetisi yang tinggi, sehingga perusahaan harus dapat mempertahankan eksistensinya dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuannya. Salah satunya pada bisnis bidang percetakan, CV. Kita Printing adalah pe-rusahaan jasa di bidang percetakan yang mengalami penurunan tingkat permintaan konsumen ter-hadap jasa cetak di CV. Kita Printing sehingga penjualan mengalami penurunan dari tahun 2019 hingga 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk dit-erapkan oleh CV. Kita Printing dalam mengatasi permasalahan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menghasilkan beberapa alteratif strategi berdasarkan identifikasi faktor lingkungan perusahaan dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengurutkan beberapa alternatif strategi tersebut sesuai skala prioritasnya. Adapun hasil analisis pada penelitian ini didapatkan alternatif strategi dengan skor TAS tertinggi sebesar5,610 yaitu memaksimalkan kegiatan SEO, SEM, social media marketing, content marketing, performance marketing, e-mail marketing untuk meningkatkan brand awareness, brand loyalty, dan sales. Sehingga alternatif strategi pemasaran tersebut menjadistrategi prioritas untuk diterapkan oleh CV. Kita Printing dalam mecapai tujuan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Vera Faradillah, & Iriani. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Percetakan Pada CV. Kita Printing dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). JUMINTEN, 3(2), 61–72. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.395