Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Percetakan Pada CV. Kita Printing dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

  • Vera Faradillah Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Iriani Iriani UPN Veteran Jatim
Keywords: QSPM, Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Saat ini, berbagai bidang bisnis menghadapi iklim kompetisi yang tinggi, sehingga perusahaan harus dapat mempertahankan eksistensinya dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuannya. Salah satunya pada bisnis bidang percetakan, CV. Kita Printing adalah perusahaan jasa di bidang percetakan yang mengalami penurunan tingkat permintaan konsumen terhadap jasa cetak di CV. Kita Printing sehingga penjualan mengalami penurunan dari tahun 2019 hingga 2021. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh CV. Kita Printing dalam mengatasi permasalahan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menghasilkan beberapa alteratif strategi berdasarkan identifikasi faktor lingkungan perusahaan dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengurutkan beberapa alternatif strategi tersebut sesuai skala prioritasnya. Adapun hasil analisis pada penelitian ini didapatkan alternatif strategi dengan skor TAS tertinggi sebesar5,610 yaitu memaksimalkan kegiatan SEO, SEM, social media marketing, content marketing, performance marketing, e-mail marketing untuk meningkatkan brand awareness, brand loyalty, dan sales. Sehingga alternatif strategi pemasaran tersebut menjadistrategi prioritas untuk diterapkan oleh CV. Kita Printing dalam mecapai tujuan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, M. H., Andesta, D., dan Widyaningrum, D. (2020), “Pendekatan Metode SWOT dan QSPM pada Strategi Pemasaran Produk Petis Udang,” JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), Vol. 1, No. 4.

Antariksa, W. F. (2017), “Penerapan Manajemen Strategi dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW,” J-MPI (Jurnal Mana-jemen Pendidikan Islam), Vol. 2, No. 1.

Assauri, S. (2013), Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, I. S., Sihombing, I. K., dan Kurniawan, M. I. (2019), “Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix dan SWOT Analysis pada Usaha Pengeringan Asam Gelugur,” Jurnal Bisnis Administrasi, Vol. 8, No. 1, pp. 51-64.

Dzakwan, A. O., Budiman, R., Prima, F. (2020), “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung UMKM Center Kota Pontianak dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM,” TIN Universitas Tanjungpura, Vol. 4, No. 2, pp. 214-223.

Faizin, I. (2017), “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah,” Madaniyah, Vol. 7, No. 2, pp. 261-283.

Hasibuan, S. dan Amela, F. (2019), “Implementasi Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dalam Merencanakan Strategi Pemasaran pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink di Kota Binjai,” Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A), Vol. 8, No. 1, pp. 26-36.

Herlambang, S. (2014), Basic Marketing: Dasar-Dasar Pemasaran Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran, Yogyakar-ta: Gosyen Publishing.

Kusumah, R. T. dan Suryana, H. (2018), “Model Analisis SWOT dan QSPM dalam Pemilihan Strategi Pemasaran Distro,” Seminar Nasional IENACO 2018, Vol. 6, No. 6, pp. 433-440.

Larisang dan Kamil, I. (2021), “Analisa Strategi Pengembangan Usaha Perusahaan Exspedisi pada PT. Uwais Global Logistik Menggunakan Metode SWOT dan QSPM,” Profisiensi, Vol. 9, No. 1, pp. 90-103.

Parnel, A. J. (2014), Manajemen Strategis: Teori dan Praktik, Jakarta.

Pratiwi, S. D. dan Suriani, L. (2017), “Strategi Pemasaran Produk Rangka Atap Baja Ringan pada PT. Hari Rezeki Kita Semua Pekanbaru,” Valuta, Vol. 3, No. 2, pp. 241-275.

Qanita, A. (2020), “Analisis Stratego dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix),” Komit-men: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 1, No. 2, pp. 11-24.

Quezada, L. E. et al. (2019), “Measuring Performance Using SWOT Analysis and Balanced Scorecard,” Procedia Manu-facturing, Vol. 39, Inst. of Industrial Engineering, Santiago, pp. 786-793.

Rangkuti, F. (2014), Analisis SWOT, Cetakan Kedelapan Belas, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rasam, F. dan Sari, A. I. C. (2019), “Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek,” JABE (Journal of Applied Business and Economic), Vol. 5, No. 2, pp. 82.

Sugianto, C. A. dan Hongdiyanto, C. (2017), “Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM pada Bisnis Sambal Noesantara,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 2, No. 1.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Suhariyanto, T. T., Leuveano, R. A. C., dan Suhariyanto, S. (2020), “Analisis Manajemen Organisasi dan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus pada Industri Velg Mobil),” Opsi, Vol. 13, No. 1, pp. 25.

Tjiptono, F. (2012), Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: Andi.

Widiyarini, W. dan Hunusalela, Z. F. (2019), “Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi,” JABE (Journal of Applied Business and Economic), Vol. 5, No. 4, pp. 384.

Published
2022-09-01
How to Cite
Faradillah, V., & Iriani, I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Percetakan Pada CV. Kita Printing dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). JUMINTEN, 3(2), 61-72. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.395