Analisa Kelayakan Usaha Jasa Konstruksi dan Bangunan CV. Asta Dian Perkasa di Surabaya

  • Sandi Tribanjar Sunarya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Didi Samanhudi
Keywords: Analisa Kelayakan Usaha, Aspek Bisnis, Jasa Konstruksi

Abstract

Jasa konstruksi mempunyai peranan penting dan strategis dalam pertumbuhan dan pembangunan nasional. Potensi usaha jasa konstruksi sangat berperan dalam kegiatan perekonomian, khususnya dalam kegiatan pembangunan. CV. Asta Dian Perkasa merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi bangunan dan menyediakan layanan jasa desain arsitektur dan turunannya. Selama ini, perusahaan sering merasa kesulitan untuk bisa bersaing di pasaran dan lebih sering mengambil proyek melalui proses penunjukan langsung bukan melalui tender. Ditambah lagi, dalam kurun waktu tahun 2020-2021, Indonesia terdampak pandemi Covid-19, yang dimana pandemi ini memberikan pengaruh yang sangat signifikan pada segala bidang, baik itu bidang Ekonomi, Pendidikan, Pariwisata, Infrastruktur dan lain sebagainya. Sehingga hal tersebut sangat memengaruhi jalannya bisnis perusahaan, khususnya dalam kaitannya menyangkut berbagai aspek bisnis dari perusahaan tersebut. Seperti misalnya, berdampak pada mobilitas proyek terganggu, kesehatan para pekerja, pendapatan perusahaan, dan lain sebagainya. Berdasarkan penjabaran diatas melalui penelitian ini dilakukan suatu studi analisa kelayakan usaha pada perusahaan CV. Asta Dian Perkasa agar dapat menganalisa secara keseluruhan aspek bisnis perusahaan. Tujuan dilakukan analisa kelayakan ini untuk dapat mengetahui kelayakan dan potensi dari perusahaan ini untuk beberapa tahun kedepan. Berdasarkan hasil analisa kelayakan usaha yang telah dilakukan pada aspek hukum, aspek manajemen, aspek pasar, aspek teknis dan aspek keuangan perusahaan, dapat disimpulkan bahwa usaha jasa konstruksi perusahaan CV. Asta Dian Perkasa dapat dikatakan sangat menguntungkan dan sangat layak untuk dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachtiar, Ady Rendra. (2021). Analisa Kelayakan Bisnis pada Usaha Rosokku Surabaya di CV. Kreasi Anak Nusantara. Fakultas Teknik. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. Vol. 2, No. 5, pp. 109-120.

Bahri, Syaiful. (2016). Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Fatihudin et al. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta : Deepub-lish

Gunawan, Karebet. (2018). Peran Studi Kelayakan Bisnis Dalam Peningkatan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kabupaten Kudus). Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus. BISNIS. Vol. 6, No. 2, pp. 101-115.

Haizer, R. (2016). Manajemen Operasi. Edisi Sebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir dan Jakfar. (2017). Studi Kelayakan Bisnis edisi revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. (2014). Perubahan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/Prt/M/2011 Tentang Pembagian Subklasifikasi Dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi. Jakarta

Lawindo. (2016). Informasi Pendirian Usaha. Biz : Jakarta.

Munawaroh, M. (2013). Manajemen Operasi. Yogyakarta: LP3M UMY.

Purnomo et al. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Putra, Sanjaya Rizky. (2018). Analisis Kelayakan Usaha Gerabah Anggota Koperasi Kasongan Usaha Bersama (KUB). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita. Vol. 7, No. 1, pp. 1-16.

Qisti et al. (2020). Analisa Kelayakan Usaha Pembuatan Selai Apel di UMS Rappang Store. Fakultas Teknologi Hasil Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Jurnal Mallomo. Vol. 1, No. 1, pp. 22-29.

Rangkuti, F. (2012). Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Robin, S. (2016). Perilaku organisasi. Jakarta: PT.Indeks.

Samryn. (2021). Akuntansi Manajemen. Edisi ke-1. Jakarta: Kencana.

Sobana, Husen Dadang (2018). Studi Kelayakan Biisnis. Bandung : Pustaka Setia.

Utama, Bopalyon Pedi. (2020). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Peternakan Sapi Potong. Fakultas Pertanian Pro-gram Studi Peternakan Universitas Muara Bungo. Jurnal Stock Pertanian. Vol. 2, No. 1, pp. 10-15.

Wulandari et al. (2018). Analisis Kelayakan Usaha Teh Mawar Pada Ukm Di Desa Clutang – Boyolali. Fakultas Teknolo-gi dan Industri Pangan, Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Yulidar, Raden Ilham. (2021). Studi Kelayakan Bisnis Untuk Pabrik Pengolahan Buah (Studi Kasus Pt.Pangan Nusanta-ra Sehat). Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Yusriansyah, Iqbal. (2020). Analisis Kelayakan Ekonomi Pada Bisnis Produk Software Runsystem Pada PT. Global Sukses. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Surabaya.

Published
2022-07-31
How to Cite
Sunarya, S., & Samanhudi, D. (2022). Analisa Kelayakan Usaha Jasa Konstruksi dan Bangunan CV. Asta Dian Perkasa di Surabaya. JUMINTEN, 3(2), 13-24. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i2.387